klinik hipnoterapi - buka puasa

Menahan Lapar Saat Bulan Ramadhan

Beberapa orang menyambut Bulan Ramadhan penuh dengan sukacita, walaupun tahun ini terasa sekali perbedaannya. Buka bersama ditiadakan, sahur on the road ditiadakan, sholat tarawih ditiadakan dan dianjurkan untuk #dirumahaja.

Akan tetapi, banyak juga anggapan yang beredar bahwa pandemi ini akan mencapai puncaknya pada bulan Ramadhan kali ini. Beberapa kota besar mungkin sudah mulai menerapkan aturan Pembatasan Sosial Berkala Besar dikarenakan kota mereka sudah termasuk ke dalam zona merah. Tapi tidak dengan beberapa kota di Indonesia lainnya yang penduduknya masih saja merasa aman, nyaman, dan cukup tak terlalu terpengaruh dengan peraturan tersebut.

BACA JUGA: Pelajaran Deep Listening

Namun, kita sendiri tidak akan membahas tentang pandemi Covid-19. Melainkan tentang kebiasaan yang harus kita lakukan sendiri selama bulan Ramadhan, yaitu menahan lapar. Menahan lapar, mungkin sebagian orang memang sangatlah berat. Akan tetapi, ada banyak manfaat bila kita mampu menjalankan ibadah puasa, yaitu:

Diet

Diantaranya adalah diet. Bagi sebagian besar kalangan, berpuasa adalah cara yang ampuh untuk diet. Namun, ini pun juga bisa mempunyai resiko yang amat tinggi bila anda tidak mampu mengontrol nafsu makan anda, bisa-bisa diet anda gagal. Juga, setelah anda makan sahur pastikan bahwa anda tidak tertidur lagi. Karena, itu akan menghambat pencernaan anda untuk mencerna makanan dengan cepat. Bisa bisa, perut anda akan menjadi buncit dan tentu itu akan sangat mengganggu penampilan anda.

BACA JUGA: Kenali Gejala-Gejala Depresi

Bisa meredam nafsu makan

Anda bisa mengendalikan nafsu makan anda ketika sedang berpuasa. Ini memang sangat berat, terlebih bagi anda yang sangat gemar makan. Namun manfaatnya akan sangat banyak bila anda mampu meredamnya.

Akan tetapi, apabila anda terkena penyakit yang berhubungan dengan lambung, semisal Maag atau Asam Lambung. Anda harus berhati-hati, sebab tiba-tiba anda akan merasakan sakit apabila anda tidak tangani dengan cepat. Antisipasinya adalah meminum obat maag saat sahur maupun berbuka. Juga dengan menghindari makanan-makanan pedas dan makan-makanan berat terlebih saat anda baru berbuka. Anda bisa memakan makanan seperti kurma, kacang atau kue-kue. Apabila anda memaksa, jelas akan membuat perut anda menjadi sakit.

Perlu bantuan lebih lanjut? Hubungi jasa hipnoterapi terdekat di kota anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *