Phobia Pada Hewan

Bicara phobia pada hewan. Ada banyak sekali phobia yang dialami oleh manusia. Biasanya ini terjadi karena pengaruh dari masa kecilnya atau lingkungannya yang juga takut terhadap sesuatu, yaitu hewan. Mengapa ini bisa terjadi?

Ada banyak hewan yang kadang ditakuti. Yang paling populer sebenarnya adalah kecoa, mendengar namanya saja sangat menjijikkan, namun ada juga yang begitu takut pada hewan yang banyak penggemarnya seperti kucing.

Masa lalu seseorang memang sangat berpengaruh terhadap phobia ini, terlebih masa kecilnya. Mungkin, banyak orang yang suka kucing tapi ada juga yang tidak suka kucing. Banyak orang suka kelinci, tapi tidak semua orang suka kelinci.

BACA JUGA: Telat Berpikir, Bahayakah?

Namun, ada beberapa faktor mengapa seseorang mengalami phobia terhadap hewan;

Mengalami peristiwa traumatis

Dikejar anjing misalnya. Mungkin ketika kita masih kecil, semua hewan selalu kita anggap sebagai mainan. Namun, ketika dikejar tiba-tiba tanpa kita tahu apa yang kita perbuat, kita langsung menangis dan berlari ketakutan. Kita trauma, dan langsung mengingat kejadian ini hingga dewasa. Sekalipun hewan tersebut jinak terhadap anda, anda akan sangat jijik kepadanya.

Mendengar informasi yang menakutkan

Mendengar informasi yang menakutkan dari orang lain, terlebih itu adalah hal yang negatif bisa membuat anda menjadi lebih takut terhadap sesuatu, termasuk hewan. Katanya, hewan tersebut bla, bla, bla. Hingga akhirnya pikiran bawah sadar anda tersugesti untuk menjauhi atau menakuti hewan tersebut.

Ya, fobia terhadap hewan sendiri masih belum ditemukan seperti apa solusinya. Ada yang menyarankan untuk pergi ke psikolog, ada yang menyarankan pergi ke hipnoterapis, ada juga yang justru tidak terlalu perduli dengan apa yang ia takutkan. Tanpa peduli, efek jangka panjangnya seperti apa.

Bisa jadi, hari-hari anda akan sangat dirugikan apabila anda menemui semacam hal ini. Pekerjaan anda menjadi terhambat karenanya. Beberapa orang mencoba melawannya, ada yang berhasil namun ada juga yang tidak berhasil. Kebanyakan disebabkan karena rasa takut atau kurangnya dukungan oleh lingkungan sekitar untuk membuatnya menjadi lebih berani.

Bahkan, ada pula yang sudah tahu temannya phobia, ia malah menakut-nakutinya hingga ketakutan itu semakin menjadi-jadi. Sungguh sangat disayangkan bila itu terjadi karena ia akan semakin sukar untuk disembuhkan.

Jika anda butuh bantuan untuk menghilangkan phobia anda, anda bisa mengunjungi klinik hipnoterapi terdekat di kota anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *