klinik hipnoterapi - menonton film horor

Menonton Film Horor Bersama Anak, Bahaya!

Menonton film horor sudah menjadi budaya tersendiri bagi semua orang. Karena, ada sensasi tertentu yang membuat orang menjadi ketagihan menontonnya. Entah itu karena seru, seram, atau jalan cerita yang bagus juga menjadi faktor penentu.

Namun, tidak semua kalangan diperbolehkan menonton film horor. Dan anda tahu sendiri, kalangan mana yang tidak boleh? Ya, anak-anak. Mengapa bisa anak-anak tidak diperbolehkan menonton film horor?

Tahun lalu, ketika saya menonton film Perempuan Tanah Jahanam karya sutradara Joko Anwar. Ada beberapa orang tua yang justru membawa anaknya masuk ke dalam bioskop. Anak tersebut menyaksikan dengan seksama adegan-adegan disturbing tanpa diberi penjelasan oleh orang tua.

BACA JUGA: Insomnia, Bisakah Disembuhkan?

Sebenarnya, apakah anda tahu? Efek jangka panjang yang ditimbulkan kepada anak apabila ia sangat sering dicekoki film horor? Berikut penjelasannya:

Membuat anak mengalami gangguan kecemasan susah tidur

Anak anda tentu akan mengalami susah tidur. Karena ia mengira, hantu yang ia tonton di film tadi akan menghantuinya sepanjang malam. Ia akan merasa terintimidasi dengan suara-suara yang sebenarnya hanya muncul di pikirannya saja. Hindarilah mengajak anak anda menonton film horor, terlebih pada saat tengah malam dan suasana begitu sepi.

Lebih agresif

Ya, anak anda akan lebih agresif di dunia nyata dari apa yang anak anda lihat setelah menonton film. Apabila anak anda sering menonton film komedi, maka anak anda akan mempraktekannya di dunia nyata, apabila anak anda sering menonton film action, anak anda akan sering menantang anak-anak yang lain untuk berkelahi. Dan apabila anak anda menonton film horor, terlebih horor jenis slasher, maka jangan kaget apabila anak anda akan melakukan hal yang sama di kemudian hari.

Akan selalu teringat

Anak anda akan selalu teringat adegan-adegan sadis yang ada di film horor yang ia tonton. Pikirkanlah efek jangka panjang anda sebelum membawa anak anda menonton film horor favorit anda.

Berilah anak anda tontonan edukasi sesuai dengan umur mereka. Jangan beri mereka tontonan orang dewasa. Lihatlah rating yang direkomendasikan, kenalilah kelompok umur apa saja yang boleh menonton film tersebut. Apabila rating yang diberikan sudah 17+ ke atas, maka sangat tidak diperbolehkan untuk membawa anak anda menonton film tersebut.

Jika anda membutuhkan bantuan terapi untuk anak anda, hubungilah jasa hipnoterapi terdekat di kota anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *