Hal Penting Saat Terapi ke Klinik Hipnoterapi

Penjelasan di bawah ini perlu diketahui saat terapi ke klinik hipnoterapi sehigga pengobatan hipnoterapi akan berjalan efektif. Tentu saja, faktor hipnoterapis juga sangat berpengaruh semakin berpengalaman si terapis, semakin efektif juga pengobatannya. Berikut hal yang perlu kamu ketahui saat berobat ke klinik hipnoterapi:

Hal yang Perlu Diketahui Saat Berobat ke Klinik Hipnoterapi
Sumber: terapinarkobamedan.blogspot.com

1. Semua Hipnosis adalah Self-hypnosis

Hipnosis adalah sesuatu yang dilakukan oleh pasien kepada dirinya sendiri dengan mengikuti anjuran dari terapis.

2. Hipnoterapis Sebagai Navigator, Client Sebagai Pengemudi

Peran hipnoterapis hanya sebagai navigator yang mengarahkan dan membimbing pikiran bawah sadar pasien untuk melakukan hal tertentu. Jika pasien tidak bersedia, maka terapi tidak berjalan dengan baik.

Baca juga: Bahaya menonton film horror bersama anak.

3. Pasien Tetap Sadar Walau Dalam Kondisi Trance

Dalam kondisi trance, pasien tetap dalam kondisi sadar dan memegang kendali penuh atas pikirannya.

Baca juga: Apakah anda suka menunda jam makan?

4. Kesembuhan Pasien Sepenuhnya Tanggung Jawab Dirinya, Bukan Terapis.

Kesembuhan pasien merupakan tanggung jawab dirinya sendiri, bukan pada terapis. Terapis hanya membantu proses terapi dengan menggunakan kekuatan yang ada pada dirinya sendiri untuk kesembuhan.

5. Pasien Datang Karena Keinginanya Sendiri

Untuk mengatasi suatu masalah dibutuhkan motivasi yang tinggi dari pasien. Semakin tinggi motivasinya maka semakin mudah pasien   sembuh. Pasien yang datang ke hipnoterapis dengan motivasi yang tinggi sebenarnya sudah sembuh, hipnoterapis hanya melakukan tugas terakhir saja.

6. Pasien Mengizinkan Dirinya Diterapi

Ada pasien dengan alasan tertent tidak mengizinkan diterapi tetapi, agar hasil maksimal harus ada niatan besar dari pasien untuk berubah atau keluar dari masalah.

7. Pasien Terbuka dan Jujur

Keterbukaan dan kejujuran dalam berkomunikasi dan mengungkap berbagai data yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah adalah hal yang sangat penting. Pasien yang dalam kondisi hipnosis sebenarnya tetap sadar dan dapat mengendalikan pikirannya sepenuhnya. Ia dapat berbohong tentang data penting yang dibutuhkan.

8. Pasien Percaya pada Terapis

Ketidakpercayaan pasien terhadap hipnoterapis sangat menghambat proses terapi. Hal ini dapat membuat pasien berhak memutuskan tidak melanjutkan terapi lagi.

9. Pasien Pasrah dan Ikhlas Menjalani Terapis

Kepasrahan dan keikhlasan adalah hal mutlak. pasien bersikap pasif, reseptif, dan mengizinkan terapis berjalan tanpa melakukan upaya secara sadar. Hipnoterapi bukan cognitive therapy, melainkan terapi yang dilakukan dalam kondisi kondisi hipnosis. Untuk bisa masuk ke pikiran bawah sadar yang dibutuhkan adalah niat, kepasrahan, dan keikhlasan. Semakin pasrah semakin baik.

10. Pasien Jelas Aspek Apa yang Ingin Dibatasi dengan Hipnoterapi

Ada pasien yang datang ke hipnoterapis namun, tidak jelas apa yang ingin diterapi. Ketidakjelasan ini membuat pikiran bawah sadar bingung dan tidak fokus membantu pasien dalam proses terapi.

11. 1 Sesi 1 Aspek yang Dibereskan

Terapi yang efektif dibutuhkan pikiran yang fokus, target, dan prioritas yang jelas. Pasien perlu menetapkan dengan hati-hati dan jelas masalah paling utama dan penting untuk dibereskan di sesi hipnoterapi. 1 sesi hipnoterapi berlangsung sekitar 2 jam.

12. Hipnoterapi Adalah Kontrak Upaya

Terapis tidak boleh memberikan jaminan kesembuhan. Dengan demikian jika ada pasien yang meminta jaminan kesembuhan maka pasien   seperti ini tidak bisa dilayani.

13. Hipnoterapi Bukan Pil Ajaib

Walau hipnoterapi terbukti secara klinis dan empiris sangat efektif untuk mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan mental, namun hipnoterapi juga punya keterbatasan. Proses terapi membutuhkan waktu yang tidak bisa langsung membuat sembuh.

14. Komit Menjalani Sesi Konsultasi

Pasien perlu komitmen untuk menjalani terapi tiap sesinya. Komitmen ini sangat penting mengingat dalam proses terapi pasien tidak dapat memprediksi data apa yang akan diungkap oleh pikiran bawah sadar. Seringkali terjadi masalah yang tampaknya sepele dan mudah diatasi ternyata adalah simtom dari satu akar masalah yang sangat serius yang membutuhkan beberapa sesi terapi agar tuntas. Apa akibatnya jika terapi tidak dilakukan sampai tuntas?

Yang terjadi adalah pasien bisa menjadi semakin labil dan justru akan semakin bermasalah. Jika kamu membutuhkan bantuan terapi, hubungilah jasa hipnoterapi terdekat di kotamu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *