Terapi Konvensional Lebih Efektif

Pada dasarnya terapi online tidak bisa dianggap sebagai psikoterapi andalan yang dapat menggantikan terapi tradisional. Dengan bertatap muka, konselor dapat lebih mudah mendiagnosis masalah kesehatan mental yang dialami oleh klien. Konselor dapat melihat ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan suara klien untuk mempermudah penentuan diagnosis. Pasalnya, hal-hal tersebut dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang perasaan, pikiran, suasana hati, dan perilaku klien terhadap konselor.

Walau demikian, terapi online tetap boleh dilakukan untuk membantu menyelesaikan masalah kehidupan, pekerjaan, maupun percintaan yang berdampak buruk pada kondisi psikologis seseorang. Bisa saja klien tidak memiliki waktu untuk menemui konselor secara langsung, namun membutuhkan solusi secepatnya agar tidak memperparah gangguan psikologis yang dirasakan. Sebelum memutuskan untuk melakukan terapi online, pertimbangkan dulu tentang jaminan kerahasiaan, masalah etika, hukum, dan kualifikasi konselor.

Baca juga: Anda sering menunda jam makan?

Sebisa mungkin usahakan untuk selalu berkonsultasi secara tatap muka dengan konselor guna mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.

Baca juga: Kurang tidur? Ini Penyebabnya

Terapi Online Tidak Bisa Menggantikan Terapi Tatap Muka
Sumber: hellosehat.com

Perkembangan Telepsikologi

Psikolog pada umumnya merujuk terapi apa pun yang dibantu dengan alat telekomunikasi sebagai telepsikologi seperti terapi telepon, terapi teks, atau terapi online. Kapan pun dan di mana pun, klien bisa mengobrol dengan konselor via situs web, ponsel, atau aplikasi seluler. Para peneliti menaruh minat besar pada telepsikologi dan telehealth seperti mengevaluasi seberapa baik kerjanya, terutama dibandingkan dengan sesi psikoterapi konvensional, tetapi penelitian ini masih baru dan ada banyak sisi sains tentangnya yang belum diketahui.

Kekurangan Terapi Online

Kekurangan terapi online menurut John M Grohol Psy.D yang merupakan seorang peneliti di bidang psikologi menyatakan bahwa tanpa isyarat nonverbal, komunikasi jadi berpotensi besar untuk disalahpahami. Ini juga mensyaratkan bahwa seseorang harus mahir dan relatif nyaman dengan membaca dan menulis, agar dua pihak dapat berkomunikasi pada tingkat pemahaman yang sama.

Perkembangan Terapi Online

Kekuatan terapi online terletak pada penggunaan komunikasi berbasis teks dan lebih disukai melalui jika email. Jadi, jika kamu ingin mencoba terapi online, perlu diingat bahwa terapi ini ibarat pembinaan melalui teks. Tidak ada diagnosis penyakit tertentu, tidak ada obat-obatan medis. Lakukan riset terlebih dahulu jika benar-benar ingin mencoba terapi online.

Silahkan hubungi jasa hipnoterapi di kotamu apabila anda membutuhkan bantuan terapi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *