Metode Penyembuhan untuk Kesehatan Mental

Terapi online adalah hal baru di dunia pengobatan kesehatan mental. Yuk, cari tahu lebih jauh tentang terapi ini! Perkembangan dunia teknologi juga ikut merambah ke dunia terapi kesehatan. Kini, sedang marak terapi online yang khusus digunakan untuk membantu mengatasi masalah mental. Terkait hal ini, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui, baik dari segi manfaat dan penggunaannya.

Terapi Online, Metode Penyembuhan Baru untuk Kesehatan Mental
Sumber: beritahati.com

Mengenal Terapi Online

Terapi online dikenal juga dengan e-terapi, e-counseling, teletherapy atau cyber-counseling. Seperti disebutkan di atas, terapi online adalah hal yang baru dan dikhususkan untuk penyembuhan kesehatan mental, di mana seorang terapis memberikan saran dan dukungan psikologis melalui internet. Kesehatan mental memang menjadi perhatian serius bagi banyak orang beberapa tahun belakangan ini. Penderitanya pun membutuhkan bantuan segera agar hidupnya lebih tenang.

Baca juga: Hidup ini indah, bersyukurlah!

Dengan metode terapi online, harapannya risiko orang mengalami stres bisa berkurang.

Baca juga: Anak susah makan? Ini Penyebabnya.

Harapan Baru untuk Kesehatan Mental

Terkadang, orang yang mengalami gangguan kesehatan mental tidak bisa mendapatkan terapi yang tepat untuk penyembuhan. Permasalahan yang kerap membebani adalah soal biaya. Pasalnya, terapi ini biasanya lama dan membutuhkan biaya yang mahal. Namun, kini ada terapi online yang bisa diakses oleh siapa pun dan kapan pun. Hal itu tentu memudahkan siapa saja yang punya masalah kesehatan mental. Terapi jenis ini dapat dilakukan melalui email, konferensi video, obrolan online, pesan, atau telepon internet.

Meski belum banyak penelitian yang membahas seputar efektivitas pengobatan online, terapi jenis ini menawarkan kepada profesional kesehatan mental tentang cara lain untuk memberikan layanan konseling kepada yang membutuhkan. Sebenarnya terapi online yang berjenis tanpa tatap muka bukan hal baru. Jauh di masa lampau, komunikasi ini sudah pernah dilakukan contohnya Sigmund Freud menggunakan surat untuk berkomunikasi dengan pasiennya.

Dalam ulasan studi yang diterbitkan dalam jurnal World Journal of Psychiatry, pasien yang menerima perawatan kesehatan mental melalui konferensi video melaporkan tingkat kepuasan yang tinggi. Meski telah menunjukkan efektivitasnya, tapi terapi online tidak sesuai untuk semua orang misalnya, banyak orang mungkin mendapat manfaat dari terapi online, terutama bagi mereka yang merasa tidak nyaman menghadiri terapi berkelompok atau bertatap muka secara langsung.

Jadi, sebelum mencoba terapi online, pertimbangkan soal kerahasiaan, masalah etika, hukum, dan kualifikasi terapis. Butuh bantuan untuk menghadapi kesehatan mental? Hubungi jasa hipnoterapi terdekat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *