Dokter Umum dan Psikiater

Dokter umum dan psikiater adalah tenaga medis profesional yang kompeten mengatasi banyak masalah kesehatan namun, 2 profesi ini punya perbedaan, khususnya untuk mengatasi kesehatan mental. Perbedaan dokter umum dan psikiater akan dibahas di bawah ini!

Dokter Umum

Jika kamu merasa stres, cemas, depresi, atau mengalami kesulitan dalam menghadapi suatu situasi, dokter umum bisa menjadi tempat pertama yang tepat untuk kamu hubungi. Data menunjukkan di Australia bahwa orang Australia lebih sering mengunjungi dokter umum untuk masalah terkait kesehatan mental dibandingkan masalah kesehatan lainnya. Semua dokter umum di Australia telah menjalani pelatihan kesehatan mental dan mayoritas mereka adalah profesional kesehatan yang paling dikenal dan yang paling sering dijumpai.

Baca juga: Klinik hipnoterapi dan jasa hipnoterapi online terbaik, murah, dan terjangkau.

Jika kamu akan menemui dokter umum untuk mengeluhkan masalah kesehatan mental, ada baiknya kamu merencanakannya terlebih dahulu dan membuat perjanjian. Ini akan memakan waktu lebih banyak untuk membicarakan apa yang sedang terjadi dan pilihan pengobatan terbaik bagimu. Tergantung pada situasi yang kamu hadapi, mereka mungkin akan mengarahkanmu ke psikolog, psikiater, atau konselor.

Baca juga: Jasa hipnoterapi untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Dokter umum mungkin akan mengikutkan kamu dalam program perawatan bersubsidi. Jika dokter umum tidak mengarahkanmu ke profesional kesehatan mental, kamu bisa langsung menemui psikolog sendiri. Jika kamu didiagnosa menderita gangguan kesehatan mental, kamu berhak menerima pengobatan dari ahlinya.

Dokter Umum vs Psikiater
Sumber: alodokter.com

Psikiater

Psikiater adalah dokter medis yang mengkhususkan diri dalam mendiagnosis dan mengobati penyakit jiwa. Mereka cenderung mengobati penyakit mental yang kompleks dan serius. Psikiater memiliki pemahaman mendalam tentang kesehatan fisik, mental, dan bagaimana pengaruhnya terhadap satu sama lain. Dr. Gordon Parker, profesor psikiatri Universitas New South Wales dan pendiri Black Dog Institute mengatakn bahwa psikiater memiliki pengetahuan yang luas tentang faktor biologis, masalah psikologis, dan kejiwaan.

Psikiater biasanya bekerja mengobati orang-orang dengan kondisi seperti skizofrenia, gangguan bipolar, depresi berat, gangguan makan dan kecanduan. Psikiater adalah satu-satunya terapis kesehatan mental yang dapat meresepkan obat-obatan, menggunakan perawatan psikologis, dan terapi stimulasi otak. Profesor Parker mengatakan jika pasien mengeluhkan biologi, menderita skizofernia, atau bipolar, psikiater akan memprioritaskan pengobatan sedangkan pasien dengan keluhan eksistensi diri, psikiater tidak meresepkan obat.

Psikiater bekerja di rumah sakit umum dan swasta, layanan kesehatan mental masyarakat, dan ruang konsultasi pribadi. Kamu memerlukan rujukan dari dokter umum atau dokter medis lain untuk menemui psikiater. Jika kamu memmbutuhkan jasa konsultasi, kamu bisa menghubungi kami DI SINI.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *