7 Cara Menjadi Pribadi Resilien

Kehidupan tidak hanya dipenuhi dengan momen menyenangkan, tetapi juga rintangan dan masalah. Agar kita bisa menghadapi berbagai masalah kehidupan dengan baik, sifat resiliensi sangat penting untuk dimiliki. Resiliensi tidak hanya merujuk pada seberapa baik kamu dapat mengatur stres dan tekanan secara efektif. Resiliensi juga mengenai seberapa baik kamu dapat bangkit kembali dari permasalahan tersebut. Bagaimana agar kita bisa menjadi pribadi resilien?

7 Cara Menjadi Pribadi Resilien

1. Tentukan Tujuan Hidup

Salah satu hal yang penting dimiliki saat kita menghadapi krisis adalah mencoba untuk memfokuskan diri dalam menemukan tujuan hidup. Kita dapat mencoba berpartisipasi dalam kegiatan yang positif, fokus pada tingkat spiritual, atau lebih terlibat pada kesejahteraan komunitas dan lingkungan.

Baca juga: Terapi konvensional lebih efektif.

2. Percaya Diri dan Optimis pada Kemampuan

Studi menunjukkan bahwa self-esteem berperan penting dalam kemampuan untuk menghadapi stres dan kembali pulih dari situasi sulit. Percaya dan optimis bahwa apapun masalahnya pasti bisa kita hadapi merupakan hal penting dalam meningkatkan resiliensi. Berpikir positif saat masa sulit memang tidak mudah, namun harus diingat bahwa fase ini hanya sementara, kita pasti mampu dan kuat untuk melewati rintangan yang menghalangi.

Baca juga: Terapi online solusi penyakit mental.

3. Bangun Support System yang Kuat

Memiliki orang-orang yang peduli, suportif, dan dapat percayai dapat menjadi pelindungmu dikala masalah datang memang sangat membantu. Menceritakan situasi sulit pada keluarga atau teman tidak membuat masalah selesai, namun saat membagikan perasaan, kita akan mendapat dukungan bahkan menemukan solusi dari permasalahan.

4. Menerima Perubahan

Fleksibilitas adalah bagian penting dari resiliensi. Kita akan lebih baik dalam merespons masalah jika kamu bisa belajar untuk mudah beradaptasi dengan perubahan. Individu yang resilien biasanya menjadikan momen sulit sebagai kesempatan untuk dapat mengembangkan dirinya.

5. Don’t Forget to Take Care of Yourself

Ketika stres, kita akan lebih mudah untuk mengabaikan kebutuhan penting seperti makan, olahraga, bahkan tidur yang cukup. Jadi, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut ya.

6. Aktif Mencari Solusi

Studi menunjukkan bahwa individu yang secara aktif mencari solusi akan bisa menghadapi permasalahan lebih baik. Ketika menghadapi permasalahan, fokuskan diri untuk melihat masalah dengan kritis dan cari kemungkinan solusi untuk bisa menyelesaikannya. Uraikan solusi tersebut menjadi bagian-bagian kecil agar kita dapat menjalaninya dengan mudah.

7. Jangan Menyerah, Coba Lagi!

Proses membangun resiliensi tidak sama bagi tiap orang. Mungkin ada yang sekali coba dapat berhasil, namun tidak jarang juga yang membutuhkan waktu lebih. Cobalah lagi untuk melatih dirimu menjadi lebih resilien.

Jika kamu membutuhkan bantuan untuk menjadi pribadi lebih resilien, hubungilah jasa hipnoterapi terdekat di kotamu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *