Beberapa Penyebab Stres

Ketika seseorang menghadapi kondisi yang memicu stres, tubuh akan bereaksi secara alami yaitu dengan melepas hormon yang dinamakan kortisol dan adrenalin. Reaksi ini sebenarnya baik untuk membantu seseorang menghadapi situasi yang berbahaya sehingga bisa keluar dari situasi tersebut. Ada berbagai situasi yang dapat memicu penyebab terjadinya stres, di antaranya:

Baca juga: Terapi online solusi tepat untuk menyembuhkan mental.

  1. Tidak memiliki pekerjaan
  2. Beban di tempat kerja
  3. Akan menjalani wawancara pekerjaan
  4. Tidak kunjung hamil
  5. Khawatir tidak mampu merawat anak
  6. Bertengkar dengan pasangan
  7. Hubungan yang tidak baik dengan atasan
  8. Menjadi korban pelecehan
  9. Akan menikah atau bercerai
  10. Diusir dari rumah
  11. Menjalani proses peradilan
  12. Menderita suatu penyakit yang berat

Baca juga: Hal penting saat terapi ke klinik hipnoterapi.

Stres sulit untuk dihindari. Jadi, hal yang terpenting adalah cara untuk mengatasi stres karena jika stres berkepanjangan dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

penyebab stres
Sumber: alodokter.com

Diagnosis dan Penanganan Stres

Bila seseorang tidak dapat mengatasi stres dengan baik dan menjadi berkepanjangan, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan orang yang berkompeten membantunya terlebih jika mengalaminya secara berulang sampai menyebabkan gejala fisik. Melalui sesi konseling, konselor akan mencari tahu pemicunya agar dapat ditentukan penanganannya. Jika stres sudah memengaruhi kerja organ dalam, konselor akan merekomendasikan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium.

Setelah mengevaluasi masalah, kondisi mental, dan kondisi fisik klilen, konselor akan menentukan tindakan penanganan yang sesuai. Tujuan dari penanganan stres adalah untuk mengubah cara pandang dan respon klien terhadap situasi yang menjadi penyebab stres. Metode penanganan stres mencakup perubahan gaya hidup, teknik relaksasi, dan psikoterapi. Perubahan gaya hidup tersebut meliputi:

  1. Berolahraga secara teratur
  2. Menerapkan pola makan dengan gizi seimbang
  3. Membatasi konsumsi kafein
  4. Menghindari konsumsi alkohol dan NAPZA
  5. Tidur yang cukup
  6. Melakukan kegiatan yang menyenangkan hati.

Selain mengubah gaya hidup, cara penanganan stres juga dapat dilakukan dengan melakukan teknik relaksasi yang dapat meredakan stres misalnya meditasi, aromaterapi, dan yoga. Dalam sesi konseling, konselor akan mencoba untuk menanamkan kepada penderita untuk selalu memiliki pandangan yang positif dalam segala kondisi dan meminta klien membuat tujuan dalam hidupnya dimulai dari tujuan yang mudah dicapai.Konseling ini mungkin akan dilakukan dalam beberapa sesi.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan konselor bila kamu merasa mengalami stres yang berkepanjangan. Jika kamu membutuhkan bantuan terapi untuk mengatasi masalah stresmu, hubungilah jasa hipnoterapi terdekat di kotamu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *