Memahami Awal Terjadinya Luka Batin

Apa sebenarnya luka batin? Luka batin terjadi pada sebagian orang ada yang dialami saat ia masih anak-anak, terbawa hingga dewasa.  Dengan kata lain adalah luka yang terjadi akibat suatu tekanan yang terjadi secara luar biasa berat yang akan menimbulkan kesedihan yang mendalam, perasaan tidak menentu, kemarahan, emosi tidak stabil, kejengkelan, hidup tidak terarah, dan sesekali timbul keinginan mengakhiri hidup yang terasa pahit.

Luka batin adalah semacam trauma yang dirasa sangat menyakitkan yang terjadi dari suatu peristiwa tidak menyenangkan yang dialami pada masa lalu, jika dibiarkan akan membekas dan berdampak terhadap kehidupan. Orang yang mengalami ini di masa kecil akan membekas saat beranjak dewasa. Dampak dari pengalaman yang tidak mengenakan ini yang dialami di masa kecil ini akan membentuk kepribadian seseorang saat dewasa seperti apa diri seseorang dan bagaimana caranya melihat dunia.

Baca juga: 6 cara mencari hipnoterapi.

Banyak reaksi yang timbul akibat dari luka batin sehingga membuat seseorang menjadi penakut, merasa terabaikan, dan memandang semua yang berada di sekitarnya terasa menyakitkan.  Saat dewasa pun mereka akan merasakan takut sendirian, terisolasi, merasa tidak terlindungi, dan takut ditolak baik itu karena penampilan, tingkah laku, latar belakang keluarga, cara berkomunikasi, atau bahkan ditolak oleh keluarga sendiri. Rasa sakit ini tumbuh karena merasa tidak dicintai, tidak dianggap, dan tidak disayangi.

Baca juga: Gangguan psikosomatik dan pengobatannya.

Dampak saat dewasa akan terlihat menjadi pemalu, menarik diri dari pergaulan, dan sedikit sulit dipahami. Luka batin pada orang dewasa biasanya terjadi karena masalah asmara, kegagalan, tekanan kehidupan, dan kehilangan pekerjaan. Masa remaja adalah masa yang sangat rentan terjadi gejolak batin yang diakibatkan oleh masalah asmara. Dorongan kuat untuk memiliki dan dimiliki terhadap pasangan lawan jenis menyebabkan banyak remaja terkadang rela melakukan apa pun yang diinginkan oleh pacarnya bahkan hubungan seksual sebelum nikah. 

Beberapa orang yang memiliki luka batin akan terlihat cepat panik, sering cemas, kesulitan tidur, sering mimpi buruk, tidur terlalu awal dan bangun terlalu pagi, gemetaran, jantung berdebar, pusing, mudah sakit, bersikap keras, sering marah, dan mudah tersinggung. 

Memahami Awal Terjadinya Luka Batin
Sumber: khotbahkristen.id

Jika kamu menderita luka batin dan berencana untuk menyembuhkannya, kamu bisa menghubungi jasa hipnoterapi terdekat di kotamu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *